Pengertian Jual Beli Tanah Di Bawah Tangan

Pengertian Tanah

 

jual tanah untuk kebun di bogor barat jual rumah bogorPada saat ini tanah merupakan aset penting bagi kehidupan dan pengembangan masyarakat. Dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk, maka kebutuhan akan ketersediaan tanah menjadi sangat

tinggi pula. Hal ini mengingat akan kebutuhan masyarakat terhadap tanah juga semakin tinggi.

 

Sebutan tanah dalam bahasa kita dapat dipakai dalam berbagai arti. Maka penggunaannya perlu diberi batasan, agar diketahui dalam arti apa istilah tersebut digunakan.

 

Menurut geologis-agronomis, pengertian tanah adalah lapisan lepas permukaan bumi paling atas yang dapat jual tanah untuk kebun di bogor barat tanah dijual untuk rumah di bogordimanfaatkan untuk menanami tumbuhan disebut tanah garapan, tanah pekarangan, tanah pertanian, tanah perkebunan. Sedangkan tanah bangunan digunakan untuk menegakkan rumah. Di dalam tanah garapan ini dari atas ke bawah berturut-turut terdapat sisiran garapan sedalam irisan bajak, lapisan pembentukan kukus dan lapisan dalam.

 

Dalam hukum tanah kata “tanah” dipakai dalam arti yuridis, sebagai suatu pengertian yang telah diberi batasan resmi oleh UUPA (Undang-Undang Pokok Agraria). Disebutkan dalam Pasal 4 Undang-Undang No. 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria dinyatakan, bahwa Atas dasar hak menguasai dari Negara…ditentukan adanya macam-macam hak atas permukaan bumi, yang disebut tanah, yang dapat diberikan kepada dan dipunyai oleh orang-orang…

 

jual tanah untuk kebun di bogor barat tanah murah di gunung salak di bogorDengan demikian jelaslah, bahwa tanah dalam pengertian yuridis adalah permukaan bumi.

Selanjutnya penjelasan umum Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) bagian II (1) menegaskan bahwa : dalam pada itu hanya permukaan bumi saja, yaitu yang disebut tanah, yang dapat dimiliki oleh seseorang.

 

Di lihat dari sisi Hukum Adat, masalah tanah mempunyai arti yang penting, disebutkan oleh Soerojo Wignjodipuro, adanya dua sebab tanah mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam Hukum Adat, yaitu :

 

a.Karena sifatnya ,

Tanah merupakan satu-satunya harta kekayaan yang meskipun mengalami keadaan yang bagaimanapun jual tanah kebun di bogor jual tanah pinggir jalan jual tanah murah tanah di jualjuga, toh masih bersifat tetap dalam keadaannya, bahkan kadang malah lebih menguntungkan contoh : sebidang tanah yang dibakar, diatasnya dijatuhkan bom, tanah tersebut tidak lenyap, sebidang tanah tersebut akan muncul kembali tetap berujud tanah seperti semula kalau dibawa banjir, misalnya malahan setelah air surut, muncul kembali sebidang tanah yang lebih subur dari semula.

 

b.Karena Fakta ,

Yaitu suatu kenyataan bahwa tanah itu :

 

·         Merupakan tempat tinggal persekutuan tanah persekutuan

·         Memberikan penghidupan kepada persekutuan, warga persekutuan yang meninggal dunia dikebumikan

·         Merupakan pola tempat tinggal dayang-dayang pelindung persekutuan dan roh para leluhur.

 

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian tanah adalah :

 

  • 1.      Permukaan bumi atau lapisan bumi yang diatas sekali
  • 2.      Keadaan bumi yang diberi batas
  • 3.      Keadaaan bumi di suatu tempat
  • 4.      Bahan-bahan dari bumi, bumi sebagai lahan sesuatu (pasir, cadas, aspal).

 

 

 

Sumber:  eprints.undip.ac.id/18337/1/N_u_r____S_u_s_a_n_t_i.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>